Minggu, 24 Maret 2024

Rekoleksi Paskah 2024


    Pada hari Minggu, 31 Maret 2024 kita akan merayakan Hari Paskah. Karena itu, SMPK Santa Maria II Malang mengadakan rekoleksi prapaskah pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2024 untuk mengetahui hal-hal mengenai paskah dan maknanya dalam hidup kita. Kita diajak untuk melihat kembali pengalaman-pengalaman bersama Tuhan Yesus dalam kehidupan sehari-hari. Dalam masa prapaskah ini, kita juga mengenang kembali sengsara dan wafat Yesus dalam menebus dosa manusia. Paskah memiliki makna kemenangan dan harapan bagi kita semua. Tema rekoleksi tahun ini adalah "Let's Make The Earth Great Again"

    Pada awal kegiatan rekoleksi ini, kami semua berkumpul bersama di lapangan dengan 2 frater yang memimpin kegiatan. Kami diajak untuk memnyanyikan beberapa lagu yang membangun semangat kami. Kami juga diajak untuk membaca kembali kisah tentang manusia pertama yang berbuat dosa dalam Kitab Suci. Lalu, kita mendapat beberapa materi tentang dosa-dosa pokok yang sering kita lakukan dan cara menghilangkannya. Setelah selesai membahas materi, kami diberi pertanyaan-pertanyaan tentang materi tadi dan mendapat hadiah setelah berhasil menjawabnya.

    Setelah kegiatan di lapangan selesai, kami langsung kembali ke kelas masing-masing. Kelas-kelas ini dibagi berdasarkan kelompok binar (untuk agama Katolik) dan kelompok non binar (untuk agama non Katolik). Di dalam kelas, kami bersama dengan guru pendamping membahas materi-materi mengenai Paskah. Kami mempelajari tentang Tri Hari Suci, yaitu Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci, serta makna hari-hari tersebut. Kami juga diajak untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah kami perbuat selama masa prapaskah ini.

    Setelah selesai membahas materi dan merefleksikan diri, kami berkumpul sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi. Terdapat 4 kelompok di setiap kelasnya. Sesuai dengan tema kali ini, maka kami memanfaatkan plastik-plastik bekas untuk mengurangi sampah dan membuat bumi kita dalam kondisi baik lagi. Dalam kelompok, kami membuat kolase yang berhubungan dengan Paskah dari sampah plastik bekas, seperti bungkus mi instan, bungkus kopi, dan bungkus snack.

    Kegiatan rekoleksi kami akhirnya berakhir pada pukul 12:00 WIB. Dari kegiatan ini kami akhirnya berhasil meresapi kisah sengsara Yesus, mengevaluasi perbuatan-perbuatan kami, dan mencoba memperbaiki sikap kami agar menjadi lebih baik lagi.

0 comments:

Posting Komentar